Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha


Aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi kelayakan bisnis sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. 

Selain itu, dengan mengenali aspek tersebut seseorang juga dapat menganalisa kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran berjalan dengan sukses.

Dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, aspek marketing merupakan hal penting untuk diketahui. Inilah beberapa aspek marketing yang penting diketahui sebelum memulai usaha:

1. Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan product differentiation. Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.

Hal-hal tentang detail mengenai produk yang akan ditawarkan kepada konsumen merupakan bagian dari aspek pemasaran. Spesifikasi produk tersebut misalnya saja bagaimana bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya.

Sebuah produk baru bisa Anda kembangkan jika Anda sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. Hal ini karena tidak mungkin Anda memasarkan suatu produk jika tidak ada permintaan yang potensial dan kontinyu dari pasar.

Nah jika Anda sudah menemukan solusi atas dua hal ini baru setelahnya Anda memutuskan hal-hal mengenai harga, distribusi dan langkah mempromosikan produk tersebut.

Jadi sampai sini bisa kita simpulkan spesifikasi produk kemudian segmentasi pasarnya sangat penting agar produk yang akan Anda tawarkan nantinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar. Oleh karena setiap produk memiliki pasar yang berbeda-beda pula.

2. Segmentasi Pasar
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah segmentasi pasar. Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial.

Harus Anda ketahui meski ada pasar yang sifatnya homogen atau hanya menjual satu barang saja namun yang sering disasar kebanyakan pengusaha adalah pasar heterogen.
Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. 

Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang Anda tawarkan.

Jadi sebuah perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal harus membagi pasar yang pada mulanya bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen. Inilah yang disebut segmentasi pasar. Nantinya setelah perusahaan tersebut menentukan segmen pasar baru setelahnya bisa mengalokasikan segala sumber daya ke pasar yang sudah homogen tersebut. Kenapa segmentasi pasar perlu Anda lakukan? 

Hal ini karena dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja.
Lalu kenapa lebih mudah bagi sebuah perusahaan apabila mereka sudah menemukan pasar yang homogen?

Karena dalam setiap homogenitas pasar terdapat perbedaan-perbedaan utamanya dalam hal membeli, cara menggunakan produk, manfaat produk, alasan melakukan pembelian dan tujuan pembelian. Perbedaan-perbedaan ini akan memudahkan Anda dalam mengalokasikan SDM perusahaan Anda ke dalam segmen-segmen ini.

Jadi kegiatan segmentasi pasar ini merupakan kegiatan yang menyeluruh yang harus dilakukan seorang pengusaha atau perusahaan sebelum dimulai sebuah produksi.
Dengan segmentasi pasar ini maka usahanya akan lebih ekonomis karena unit-unit pembelian sudah dikelompokkan ke dalam beberapa segmen saja. 

Dengan ini maka laba maksimal juga bisa didapatkan. di bawah ini akan diterangkan lebih jauh tentang aspek pemasaran dalam kewirausahaan ini yaitu kriteria segmentasi dan syarat yang dibutuhkan untuk melakukan segmentasi.



3. Analisa Pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika melakukan analisa pasar adalah permintaan pasar. Sebuah perusahaan harus benar-benar memahami apa yang menjadi permintaan pasar. Namun apa sih sebenarnya definisi dari permintaan pasar itu sendiri?

Kloter dalam suatu pendapatnya pernah mengatakan tentang definisi permintaan pasar akan sebuah produk. Dia mengatakan bahwa permintaan pasar adalah volume total yang akan dibeli oleh pembeli dalam lingkungan pasar tertentu dalam program pemasaran tertentu pula.

Jadi jika kita melihat definisi di atas kita akan tahu bahwa permintaan pasar bukanlah hal yang sederhana. Ini karena permintaan pasar memuat di dalamnya 8 unsur yang berbeda-beda. Unsur-unsur penting tersebut adalah produk, volume total, produk yang dibeli, kelompok pembeli, daerah geografis, periode waktu, lingkungan pemasaran serta program pemasaran.

4. Analisa Pesaing

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah analisa pesaing. Bisa dibilang analisa pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan bisnis. Jika Anda ingin perusahaan Anda tidak kalah dari kompetitor maka Anda harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana Anda memposisikan perusahaan Anda dalam dunia bisnis.

Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan Anda. Kalau Anda tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali.

Jadi bagaimana cara melakukan analisa pesaing? Analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melakukan identifikasi. Identifikasi atas hal apa? Yaitu Anda harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial.

Selain itu identifikasi bisa juga dilakukan terhadap kekuatan dan kelemahan pesaing yang mana bisa memunculkan ilham bagi Anda. Jadi untuk mengawali analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melihat mana saja perusahaan yang menjadi pesaing umum dan pesaing potensial.

Dengan Anda mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan pesaing maka Anda sudah mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut adalah Anda bisa memaksimalkan kekuatan perusahaan Anda untuk menutupi kelemahan perusahaan pesaing. Selain perusahaan juga akan mendapatkan referensi agar terus memperbaiki kinerja dan bisa bersaing secara sehat dalam dunia bisnis.

5. Promosi
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah promosi yang mana merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran dalam daftar di artikel ini. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli.
Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. 

Demikianlah pembahasan tentang aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang bisa kami sajikan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita menjadi luas. Terima kasih atas kunjungannya, semoga sukses.

Comments