Ide Bisnis


Hallloo bloggers setiaa! apa kabar kalian semua? Semoga sehat selalu yaa, nah saat ini gue akan membahas Ide Bisnis dan apa cara memulai bisnis kita sendiri yuk langsung aja kita bahas.

Salah satu kunci kesuksesan memulai suatu usaha adalah adanya kemampuan menuangkan ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Banyak orang mengatakan bahwa “Ide atau Gagasan” itu mahal harganya. Tentu saja tidak sembarang ide, hanya ide yang mempunyai nilai komersial saja yang masuk dalam kategori mahal itu. Sebuah ide akan ditulis dalam suatu rencana usaha atau rencana bisnis yang merupakan langkah awal membangun sebuah usaha. 

Wirausahawan yang sukses mampu menemukan ide melalui berbagai teknik yang ada. Penemuan ide bisnis tersebut diperoleh dari pencarian ide bisnis melalui cara berfkir terhadap suatu hal. Ide akan tercipta jika seseorang memandang sesuatu sebagai hal yang positif sehingga dapat tercipta tujuan yang diinginkan. 

Seorang wirausaha mampu mengambil keputusan dengan memilih ide bisnis terbaik dan menentukan cara terbaik untuk mengerjakan pilihan ide bisnis. Sehingga, ide usaha/bisnis yang bagus merupakan faktor penting atau bahkan merupakan persyaratan untuk memulai sebuah usaha/bisnis.

Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi peluang usaha/bisnis. 

Sumber Ide Bisnis

Terkadang sangat sulit menemukan jenis bisnis yang paling cocok untuk dikerjakan. Ide bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja datangnya, namun diperlukan kerja nyata kita untuk mencarinya. Jika Anda ingin memulai bisnis namun masih bingun harus memulai usaha apa, berikut ini ide bisnis yang mungkin bisa membantu:

    1. Keahlian dan keterampilan

Sedikit sekali orang yang memiliki keahlian, oleh karenanya ide bisnis yang bersumber dari keahlian jika dilaksanakan akan mengantarkan seseorang berbeda dari yang lain. Ini sangat menguntungkan sekali dalam menjalankan bisnis yang hanya orang tertentu saja yang bisa menjalankannya dengan kata lain saingannya sedikit sekali. Demikian juga dengan bisnis yang didasarkan pada keterampilan. Keterampilan yang sudah dimiliki dan dikembangkan dalam waktu cukup lama dapat dijadikan pelung usaha/bisnis.

    Contoh : jika kamu memiliki keahlian seperti menjahit ini bisa kamu manfaatkan unuk membuka bisnis. Seperti membuka jasa jahit baju ,mungkin awalnya bisnis kecil-kecilan tetapi dengan zaman yang modern seperti ini kalian bisa menyebar luaskan bisnis kalian melalui sosial media sehingga bisnis kalian bisa menjadi sukses.

    2. Hobi/ Minat

Sumber ide bisnis berdasarkan hobi akan menjadikan sesorang bersemangat dalam melakukan bisnis. Bisnis yang didasarkan pada hobi akan menjadikan seseorang betah pada bisnis tersebut yang menjadikan seseorang fokus pada bisnis yang dijalankan. Minat atau hobi cukup efektif untuk membangun keyakinan dan motivasi kuat untuk mandiri. Orang tidak merasa terbebani bila melakukan kegiatan yang ia sukai, terutama yang berkaitan dengan minat dan hobi.

    Contoh : menggambar atau melukis. Tidak semua orang bisa menggambir tetapi dengan belajar yang tekun lambat laun pasti bisa menggambar. Namun ada beberapa orang yang ahli menggambar , jika kamu salah satunya kalian bisa membuka bisnis menggambar dan melukis. Jangan salah loh bisnis ini bisa sukses karena memiliki nilai seni yang tinggi.

    3. Kreativitas

Kreativitas seseorang dalam menciptakan produk yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak merupakan sember ide bisnis. Dengan kreativitas produk yang dihasilkan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi kebanyakan konsumen.

    Contoh : Daur ulang sampah plastik ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memelihara lingkungan, namun juga dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis. Sampah plastik bisa diolah menjadi barang-barang bermanfaat, seperti Bags Plastics, Tas Plastik, & Tas Spunbond. Hasilnya tak kalah cantik dengan tas-tas berbahan kain. Dengan membuat tas berbahan kemasan plastik ini, kalian pun sudah turut berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dari ancaman sampah plastik,

    4. Jaringan dan relasi
Bersilaturahmi merupakan kunci akan datangnya rejeki berupa relasi yang akan membentuk jaringan. Ide bisnis berdasarkan jaringan dan relasi ini memiliki keuntungan adanya tingkat kepercayayaan yang baik. Semakin luas jaringan dan relasi, maka akan semakin besar kesempatan kita untuk menawarkan barang atau jasa yang kita miliki.

    Contoh : online shop melalui media sosial, relasi yang kita dapat melalui pengikut kita. Pada zaman yang sudah modern ini banyak sekali bisnis melalui media sosial dan itu juga tidak kalah sukses dari bisnis-bisnis lainnya. Jika bisnis online kita semakin menyebar maka semakin banyak relasi yang kita miliki.

Teknik Mendapatkan Ide Bisnis

Menurut Douglas (1996), terdapat beberapa teknik untuk mendapatkan ide, yaitu sebagai berikut:

  1. Tukar Pikiran, yaitu melalui diskusi, rapat, sharing, atau aktivitas lain yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi di atanta individu. Biasanya ini dilakukan dengan para sahabat atau orang yang berpengalaman lebih.

  2. Berandai-andai atau mengumpamakan sesuatu akan terjadi, juga merupakan teknik mendapatkan ide bisnis. Mengubah mimpi menjadi kenyataan (memperoleh uang, menjadi bos, menjadi orang yang dihormati, disegani, meningkatkan kepuasan hidup, dan lain-lain).

  3. Kawin silang, yaitu suatu upaya bertukar pikiran mengenai ide yang masing-masing sudah dimiliki untuk menghasilkan ide yang lain. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki ilmu pengetahuan, pekerjaan, pengalaman dan ide yang berbeda untuk membuat peluang tukar pikiran.

  4. Keingintahuan, yaitu dorongan kuat dari dalam diri seseorang untuk mengetahui lebih banyak tentang sesuatu.

  5. Komponen yang dimodifkasi, yaitu ide baru hasil dari modifkasi ide lama dengan cara, memilih produk atau jasa yang akan disempurnakan, membuat daftar tentang semua bagiannya dengan sistematis, selanjutnya dimodifkasi sesuai dengan tujuan.

Sekian pembahasan gue kali ini, semoga kalian bisa pahami dan bermanfaat untuk kalian semua! Mohon maaf jika masih ada kekurangan. Sampai jumpa diblog selanjutnya! <3


Comments