Business Plan


Hulla bloggersss! aku balik lagi nih dengan bahasan baru. Kali ini aku mau bahas tentang Business Plan atau rencana bisnis. Sebelum kita bahas lebih jauh lagi, kalian udah tau belum sih definisi dari Business Plan? Kalo belum tau dan masih bingung langsung aja yuk kita bahas!
 
Sebagai seseorang yang akan memulai sebuah bisnis, apakah Anda sudah membuat rencana bisnis atau business plan ?

Untuk memulai sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan, Anda tidak akan tahu ke mana arah bisnis karena menjalankannya tanpa tujuan yang jelas.
 
Sebetulnya apa itu rencana bisnis atau business plan ?

Business Plan atau Perencanaan Bisnis merupakan pernyataan formal yang berisi tujuan berdirinya sebuah bisnis, alasan mengapa pendiri bisnis tersebut yakin tujuan tersebut bisa dicapai dan juga strategi atau rencana apa yang akan dijalankan guna mencapai tujuan tersebut. Rencana bisnis juga bisa mengandung informasi mengenai latar belakang organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk memenuhi tujuan itu.
 
Pengertian Business Plan Menurut Para Ahli

Megginson (2000)
Menurut Megginson, Business plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.

Bygrave (1994: 114)
Menurut Bygrave, Business Plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
 
 
Manfaat Business Plan
Terdapat beberapa manfaat atau fungsi business plan, berikut ini adalah manfaat business plan yang perlu diketahui pentingnya business plan bagi wirausaha:

1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis atau Usaha

Bussiness plan berfungsi untuk merancang stategi dan rencana awal bisnis. Sebuah bisnis akan sulit berkembang apabila dijalankan tanpa rencana ataupun rancangan bisnis. Untuk itu sangatlah penting bagi seorang wira usaha untuk menyusun sebuah rencana bisnis agar bisnis yang ditekuni lebih terarah dan terorientasi dengan benar dan dapat mencapai kesuksesan.

2. Untuk Mencari Sumber Dana

Rencana bisnis yang telah disusun bermanfaat untuk mendatangkan pihak ketika seperti investor, bank atau yang lainnya yang akan membantu bisnis yang dijalankan. Artinya, rencana bisnis yang sudah dibuat dapat menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal yang akan membantu mendapatkan modal usaha.

3. Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Seorang pebisnis perlu menyusun sebuah business plan atau rencana dan rancangan bisnis agar nantinya bisnis yang akan dijalankan akan lebih fokus dan terarah dalam menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis serta jenis pemasaran yang akan digunakan.

4. Memprediksi Masa Depan

Business plan juga dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis yang kan dijalankan. Sebab, saat menyusun rencana bisnis, maka akan terlihat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis yang akan dijalankan.

5. Untuk Menaikkan Level Bisnis

Business plan juga dapat menaikkan level bisnis yang sedang dijalankan. Rencana dan rancangan bisnis yang disusun dengan baik akan membuat gairah tersendiri bagi pebisnis untuk menjalankan usaha mereka.

Prinsip Business Plan 

a. Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak. 
b. Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis. 
c. Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha. 
d. Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien.


Komponen-komponen Business Plan 

1. Ringkasan (Executive Summary) 
2. Deskripsi Perusahaan (Company Description) 
3. Barang atau Jasa yang Diproduksi atau Dipasarkan 
4. Analisis Aspek Pasar 
5. Analisis Aspek Teknik/Produksi 
6. Analisis Aspek Manajemen 
7. Analisis Aspek Finansial/Keuangan

Video Tutorial


sumber:

sumber gambar:

Comments