Komponen Pendingin

D. Macam-Macam Komponen Pendingin pada Komputer

Perangkat  Pendingin Komputer
Perangkat Pendingin komputer merupakan sebuah komponen komputer yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer,karena komponen ini bertugas sebagai pengatur suhu dan mencegah terjadinya overhead pada sebuah komputer,dengan dinginnya suhu di perangkat komputer maka perangkat tersebut akan bertahan lebih lama.

Berikut ini adalah jenis-jenis perangkat pendingin yang terdapat di sebuah komputer, yaitu:

1. Fan atau Kipas
Fan atau biasanya kita menyebutnya dengan kipas merupakan sebuah pendingin koputer yang paling umum digunakan pada sebuah komputer,biasnya kipas ini terpasan pada casing,VGA,power supply,processor. Kipas berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara dalam sebuah komputer seperti mengeluarkan udara dalam CPU kemudian di buang keluarkan,memasukkan atau mengambil udara dari luar kemudian dimasukkan kedalam agar komponen lain menjadi dingin, dan ada juga yang langsung di arahkan ke sebuah komponen seperti processor.
Kemudian harga bentuk,dan ukuran sangat beragam sekali tergantung dari ukuran,kualitas dan mereknya. Untuk mengetahui kinerja dari kipas yang kita miliki,kita hanya perlu mengukurnya denga menggunakan Speed Fan yaitu alat yang dapat kita gunakan untuk menetahui berapa suhu yang dihasilkan oleh kipas yang kita miliki.

2. Heatsink
Heatsink merupakan sebuah lempengan logam yang berfungsi sebagai penyerap panas dan medinginkan perangkat komputer. 
biasanya heatsink ini bepasangan dengan kipas sehingga akan membentuk kolaborasi yang sanagat baik, karena sebuah kipas akan mengalirkan sebuah agin atau udara kepada headsink kemudian heatsink tersebut akan menjadi lebih dingin ketika mengenai perangkat atau komponen sebuah komputer. Biasanya heatsink ini terdapat disebuah processor.

3. TEC atau (Thermoelectric Cooler)
TEC atau Thermoelectric Cooler merupakan sebuah pendingin komputer yang bekerja dengan cara mengalirkan suatu arus listrik pada salah satu sisi logam sehingga kemudian akan menghasilkan sisi yang dingin dan akan menghasilkan pula sisi yang panas.
Pada pendingin Thermoelectric cooler ini dapat menghasilkan sebuah pendingin hingga melewati batas titik beku air.

4. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair
Nitrogen Cair dan Dry Ice Cooler, yaitu merupakan sebuah perangkat pendingin komputer yang biasanya berbentuk tabung yang dan bersentuhan langsung dengan perangkat koputer, kemudian tabung tersebut akan diisi dengan nitrogen cair atau dry ice (es kering).
Biasanya pendingin jenis ini digunakan untuk over clook, sehingga dapat mengahasilkan suhu yang sangat dingin. Biasanya pada perangkat pendingin ini akan terjadi yang namanya penggembunan.

5. Liquid Cooler
Liquid Cooler merupakan sebuah perangkat pendingin komputer yang akan mengintregrasi komponen menjadi 10% lebih dingin sehingga produksi panas akan dapat teratasi dengan baik.
Dengan begini perangkat komputer kita dapat bertahan lebih lama dan awet.
Kemudian kelebihan dari perangkat pendingin liquid cooler ini adalah tidak bising ketika kita menggunakannya bahakan pendingin ini hampir tanpa atau tidak menggeluarkan suara.

http://posttik.blogspot.co.id/2015/06/perangkat-komputer-pada-kesempatan-kali.html?m=1

Comments